Free F - Heart Lefty Cursors at www.totallyfreecursors.com

Rabu, 23 Januari 2013

Perusahaan Multinasional

              Perusahaan multinasional (multinational corporation) atau MNC adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan anak perusahaan. Anak perusahaan tersebut secara geografis dan masing-masing mungkin memiliki tujuan, kebijaksanaan dan prosedur tersendiri. Saat ini, MNC mungkin merupakan bentuk organisasi paling kompleks yang ada secara luas. 

  Aktifitas setiap perusahaan dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal. Bagi MNC, lingkungan/eksternal bersifat global. Kondisi eksternal adalah hal-hal yang berada di lingkungan perusahaan. MNC membuat sistem pengolah informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dari segi pengaruh lingkungan dan warisan administratif.  

  Istilah warisan administratif (administrative heritage) digunakan untuk menggambarkan kondisi internal seperti asset perusahaan, distribusi kekuasaan dalam struktur organisasi, budaya perusahaan, dan gaya manajemen.

 MNC merupakan sistem terbuka yang berusaha meminimumkan ketidakpastian yang ditimbulkan lingkungan. Ketidakpastian, adalah “perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh organisasi”. MNC membuat sistem pengolah informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dari segi pengaruh lingkungan dan warisan administratif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar