Free F - Heart Lefty Cursors at www.totallyfreecursors.com

Minggu, 16 Desember 2012

Decision Support System


Pengertian Decision Support System
Decision Support System adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi pemecahan masalah maupun kemampuan komunikasi dalam memecahkan masalah semi terstruktur. Informasi yang dihasilkan dalam bentuk laporan periodik, khusus dan output dari model matematika & sistem pakar untuk mengambil keputusan.

Diciptakannya Decision Support System
Pada tahun 1971, G. Anthony Gorry & Michael S. Scott Morton memerlukan sebuah kerangka kerja untuk mengarahkan aplikasi komputer kepada pengambilan keputusan manajemen. Mereka memasukkan jenis-jenis masalah bisnis ke dalam sebuah matriks. Garis terputus-putus horizontal yang melalui tengah matriks memisahkan masalah yang ada berhasil dipecahkan dengan bantuan komputer & masalah yang belum terkena pengolahan komputer. Area disebelah atas dinamakan keputusan terstruktur (Structured Decision System / SDS) & area disebelah bawah dinamakan sistem pendukung keputusan (Decision Support System / DSS)

Tujuan Decision Support System
  1. Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi-terstruktur 
  2. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya 
  3. Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer daripada efisiensinya
Prinsip Dasar Decision Support System 


  • Struktur Masalah
         Decision Support System diarahkan pada area tempat sebagian besar terdapat masalah 
  • Dukungan Keputusan
Decision Support System tidak untuk menggantikan manager hanya diterapkan pada bagian masalah yang terstruktur tetapi manager bertanggungjawab atas bagian yang tidak terstruktur dengan menerapkan penilaian dan melakukan analisis.
  • Efektivitas Keputusan
Tujuan Decision Support System bukanlah untuk membuat proses pengambilan keputusan seefisien mungkin tetapi manfaat utama menggunakan Decision Support System adalah agar pengambilan keputusan lebih baik

Jenis Decision Support System menurut Alter



Model Decision Support System


Contoh Decision Support System
                Sebagai contoh penggunaan Decision Support System, saya mengambil Aplikasi Pengambilan Keputusan Kredit Pemilikan Rumah pada Bank BTN. Berikut ini saya sajikan gambar dari implementasi antarmuka yang digunakan pada Aplikasi Decision Support System(DSS) KPR Berbasis Web pada Bank BTN :


  • Implementasi antarmuka login

  • Implementasi Antarmuka Daftar Nasabah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar